NPM : 21209541
Kelas : 4EB13
ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT DALAM UPAYA MERENCANAKAN
LABA PERUSAHAAN PADA CV. LESTARI
ABSTRAK
Penelitian
yang bertujuan untuk menganalisis biaya, volume penjualan, dan profit berupa
laba sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk
membantu pemimpin perusahaan dalam merencanakan laba jangka pendek dalam rangka
mendapatkan keuntungan yang optimal. Dalam analisis CVP terdapat beberapa
parameter yang berguna untuk merencanakan laba yaitu meliputi analisis margin
kontribusi, titik impas (break event point), Margin Of Safety (MOS), Tuasan
Operasi, Laba Sasaran, dan test ulang. Semua analisis tersebut dilakukan dalam
bentuk perbandingan dengan mengasumsikan perusahaan lainnya sebagai pembanding.
Kata Kunci: Cost Volume Profit, Volume
Penjualan, dan Laba Sasaran
PENDAHULUAN
Dalam era globalisasi perusahaan sering
mengalami hambatan operasional dalam mencapai laba yang diharapkan waktu yang
akan datang. Laba merupakan ukuran pencapaian keberhasilan suatu perusahaan
dalam mencapai tujuannya. Setiap perusahaan pasti menghendaki laba yang lebih
besar daripada biaya yang dikeluarkannya dalam melakukan kegiatan operasional.
Laba dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu volume produk yang dijual, harga jual
produk, dan biaya. Salah satu alat analisis yang dapat
digunakan untuk menghubungkan ketiga faktor yang mempengaruhi laba tersebut
adalah analisis cost-volume-profit (CVP). Analisis CVP membantu manajer dalam
memahami perilaku total biaya, total pendapatan, dan laba operasi saat
perubahan terjadi dalam tingkat keluaran, harga jual, biaya variabel, atau
biaya tetap. Dengan demikian, analisis CVP dapat membantu manajer dalam
perencanaan dan pengambilan keputusan untuk menentukan laba yang optimal. Dalam
pengimplementasiannya, analisis cost-volume-profit terkait dengan break-even point
(titik impas). Oleh karena itu, apabila perusahaan tidak mencapai hasil
penjualan yang lebih besar dari hasil penjualan pada tingkat break-even point
atau tidak mencapai hasil penjualan yang telah ditetapkan, jadi perusahaan
harus dapat mengetahui penyebabnya dan berusaha untuk mencapai hasil penjualan
yang lebih besar sehingga dapat diperoleh laba yang optimal.
CV. Lestari merupakan industry perusahaan yang memproduksi mainan anak-anak
yang terbuat dari batang rotan dan kertas warna. Perusahaan tersebut
memproduksi sendiri mainan anak-anak yang dijualnya. Perusahaan berasumsi bahwa
bisnis ini akan disukai oleh masyarakat, terutama kalangan anak kecil, karena
mengingat harganya yang murah, sehingga potensi ini merupakan peluang bisnis
yang memiliki prospek yang sangat baik. Target perusahaan ini yaitu menjual
produk dengan harga murah guna mendapatkan keuntungan yang besar. Peluang
tersebut dapat tercapai bilamana perusahaan dapat menentukan volume penjualan
yang dapat mengendalikan biaya tetap dan variabel dalam satu periode tertentu,
sehingga dapat memberikan keuntungan yang paling maksimal.
Seluruh
biaya kegiatan usaha CV. Lestari meliputi biaya operasional yang dapat
dikelompokkan ke dalam dua kelompok biaya yaitu biaya variabel dan biaya tetap.
Biaya variabel terdiri dari biaya bahan kertas untuk membuat mainan dan upah
langsung tenaga kerja. Biaya tetap terdiri dari biaya sewa stand dan biaya gaji
penunggu stand. Dalam upaya untuk mencapai target penjualan, perusahaan membuka
stand di pasar tradisional dalam rangka melakukan usaha pemasaran yang gencar
dan lebih menekankan pada hasil yang ingin dicapai.
Selama
ini, CV. Lestari belum pernah melakukan analisis cost-volume-profit (CVP)
dalam perencanaan labanya. Biasanya perusahaan tersebut memperkirakan besarnya
laba yang ingin dicapai berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya dan hanya
memperkirakan saja laba tersebut, yang biasanya lebih tinggi dari tahun
sebelumnya.
TINJAUAN PUSTAKA
Peranan Akuntansi Biaya
Menurut Carter dan Usry (2009) peranan
dari akuntansi biaya adalah akuntansi biaya melengkapi manajemen dengan alat
yang diperlukan untuk aktivitas-aktivitas perencanaan dan pengendalian,
memperbaiki kualitas dan efisiensi, serta membuat keputusan-keputusan yang
bersifat rutin maupun strategis.
Tujuan Pokok Akuntansi Biaya
Menurut Mulyadi (1999) akuntansi
biaya mempunyai tiga tujuan pokok: (1) penentuan harga pokok produk (COGM); (2)
pengendalian biaya; (3) pengambilan keputusan khusus.
Biaya
Menurut
Suad Husnan ( 2002:161 ), “Biaya adalah kas atau nilai ekuivalen kas yang
dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat
saat ini atau dimasa yang akan datang bagi organisasi.”
Biaya tetap (Fixed Cost) adalah jenis biaya yang selama kisaran waktu operasi tertentu
atau tingkat kapasitas produksi tertentu selalu tetap jumlahnya atau tidak
berubah walaupun volume produksi berubah.
Biaya variabel (Variable Cost) adalah jenis-jenis biaya yang besar kecilnya
tergantung pada banyak sedikitnya volume produksi. Apabila volume produksi
bertambah maka biaya variabel akan meningkat, sebaliknya apabila volume
produksi berkurang maka biaya variabel akan menurun. Dalam analisis titik impas
disyaratkan bahwa perubahan biaya variabel ini sebanding dengan perubahan
volume produksi, sehingga biaya variabel per unit barang yang diproduksi
bersifat tetap.
Laba
Menurut Sofyan Syafri Harahap
(2002:227), ”Laba ialah semua biaya yang telah dikenankan dan dapat dikurangkan
pada penghasilan.”
Perencanaan laba adalah suatu uraian keuntungan
dengan jelas menangani hasil-hasil yang diharapkan dari keputusan-keputusan.
karena menunjukan dengan jelas sasaran menurut harapan waktu dan hasil keuangan
yang diharapkan untuk tiap segmen kesatuan untuk pelaporan bulanan kepada
manajemen
Adapun faktor-faktor yang harus
dipertimbangkan oleh pihak manajemen dalam menerapkan sasaran laba adalah
sebagai berikut :
1.
Laba
atau rugi yang dialami dari volume penjualan tertentu
2.
Volume
penjualan yang harus dicapai untuk menutup seluruh biaya yang terpakai untuk
menghasilkan laba yang memadai agar dapat membayar deviden bagi saham
preferen dan saham biaya dan untuk
menahan sisa laba yang cukup, guna memenuhi kebutuhan perusahaan dimasa yang
akan datang
3.
Break
Even Point atau Titik Impas
4.
Volume penjualan
yang dapat dihasilkan oleh kapasitas operasi pada saat nol
5.
Kapasitas
operasi yang diperlukan untuk mencapai sasaran laba
Analisis Cost-Volume-Profit (CVP)
Analisis biaya volume laba
(cost-volume-profit analysis) merupakan alat yang berguna untuk perencanaan dan
pengambilan keputusan, khususnya jangka pendek, karena analisis ini menekankan
pada keterkaitan antara biaya, jumlah yang dijual, dan harga. Analisis biaya
volume laba juga dapat menjadi alat yang berharga untuk mengidentifikasi luas
dan besarnya masalah ekonomi yang dihadapi perusahaan dan membantu menunjukkan
secara tepat jawaban yang diperlukan. “Analisis biaya volume laba adalah alat
pengambilan keputusan berjangka pendek “ (Hansen dan Mowen, 2000:429). Analisis
biaya volume laba memiliki berbagai macam parameter yang bermanfaat untuk
perencanaan laba jangka pendek diantaranya adalah Impas (Break Even Point),
Titik Penutupan Usaha (Shut Down Point), Degree Of Operating Leverage, dan
Margin Of Safety (Mulyadi, 2001:226).
Menurut Garrison et al. (2008),
Analisis cost-volume-profit adalah “analisis biaya-volume-laba
(cost-volume-profit–CVP) adalah salah satu dari beberapa alat yang sangat
berguna bagi manajer dalam memberikan perintah. Alat ini membantu mereka
memahami hubungan timbal balik antara biaya, volume, dan laba dalam organisasi
dengan memfokuskan pada interaksi antar lima elemen: harga produk;volume atau
tingkat aktivitas;biaya variabel per unit; total biaya tetap; dan bauran produk
yang dijual.”
Analisis Break Event Point (Titik Impas)
Menurut Carter dan Usry (2005), “Break-even
point (tititk impas) adalah titik di mana biaya dan pendapatan adalah sama.
Tidak ada laba maupun rugi pada titik impas. Dalam mencapai break-even point,
maka target laba adalah nol.
Hubungan Analisis Cost-Volume-Profit dengan Perencanaan Laba
Menurut Mulyadi (2001), laba
perusahaan dalam jangka pendek dipengaruhi oleh pendapatan (hasil kali volume
penjualan dengan harga jual), biaya variabel, dan biaya tetap. Analisis
cost-volume-profit merupakan teknik yang menggunakan informasi akuntansi diferensial
untuk membantu manajemen dalam
perencanaan laba. Manajemen akan dihadapkan pada pemilihan alternatif apakah
harga jual produk dalam tahun anggaran yang akan datang perlu diturunkan untuk
mengungguli posisi pesaingnya di pasar. Jika harga jual produk diturunkan,
kemungkinan yang akan terjadi adalah volume penjualan akan naik. Jika volume
penjualan baik, anggaran biaya di masa yang akan datang akan naik pula. Dengan
mengetahui dampak terhadap laba, setiap alternatif tindakan yang dipertimbangkan
sekarang, manajemen akan memiliki dasar yang kuat untuk memilih, sehingga ia
akan mampu mengambil keputusan secara ekonomis rasional.
METODE PENELITIAN
Objek Penelitian
Objek dari penelitian ini adalah
Analisis Cost-Volume-Profit dalam upaya merencanakan laba pada CV. Lestari, yang berlokasi di Jalan Cenderawasih No.6 Jakarta Barat.
Alat Analisis yang Digunakan
Dalam
Penelitian ini penulis menggunakan analisis deskriptif dan analisis
kuantitatif. Analisis deskriptif dilakukan dengan memberikan gambaran hasil
perhitungan yang mudah dipahami dengan mendesain program yang nantinya dapat
digunakan untuk melakukan perhitungan suatu kasus analisis CVP. Analisis
Kuantitatif dilakukan dalam bentuk perhitungan suatu kasus CVP pada CV. Lestari.
Alat
analisis deskriptif yaitu menggunakan Visual Basic 6.0, sedangkan alat analisis
kuantitatif dilakukan dengan melakukan perhitungan manual.
Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang
akan diteliti terdiri dari berbagai sumber yaitu dilakukan
dengan cara:
1.
Penelitian Lapangan (Field Research)
Yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di
perusahaan yang menjadi objek penelitian, dengan tujuan untuk mendapatkan data
perkiraan harga jual dan biaya dalam produksi. Data yang diperoleh merupakan
data primer yang diperoleh dengan cara observasi (pengamatan langsung) dan
interview (wawancara).
2.
Penelitian Kepustakaan (Library
Research)
Penelitian kepustakaan dilakukan sebagai usaha guna
memperoleh data yang bersifat teori sebagai pembanding dengan data penelitian
yang diperoleh. Data tersebut dapat diperoleh dari literature, catatan kuliah
serta tulisan lain yang berhubungan dengan penelitian. Jenis data yang
diperlukan dalam penelitian ini dibagi dalam dua jenis, yaitu data primer (data
yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti) dan data sekunder (data yang
berfungsi sebagai pelengkap data primer).
PEMBAHASAN
Berikut ini adalah data harga jual dan biaya per hari CV. Lestari untuk memproduksi mainan:
1. Kertas
karton dan kertas warna per satuan terompet Rp 300,00
2. Upah
membuat terompet per satuan mainan Rp 500,00
3. Biaya
sewa stand per malam Rp 13.000,00
4. Gaji
penunggu stand per malam Rp 5.000,00
5. Harga
jual per satuan Rp 1000,00
Hitunglah
:
1. Pendekatan
Margin contribusi
2. Titik
impas dalam unit dan titik impas dalam rupiah menggunakan margin kontribusi
3. Margin
Of Safety (MOS) apabila terompet yang terjual 200 unit
4. Tuasan
Operasi (Operating Leverage) apabila
dibandingkan dengan CV. Aneka Kreasi (Salah satu perusahaan yang memproduksi mainan
anak-anak juga) dengan laporan sebagai berikut :
CV. Aneka Kreasi
Jumlah
Penjualan Rp 200.000,00
Biaya Variabel (Rp 138.000,00)
Margin Kontribusi Rp 62.000,00
Biaya Tetap (Rp
40.000,00)
Laba Bersih Rp
22.000,00
( dengan asumsi CV. Lestari
dan CV. Aneka Kreasi penjualannya di naikkan sebesar 10%)
5. Laba
Sasaran apabila laba yang diharapkan sebesar Rp 8000
6. Analisis
Analisis:
Secara
akuntansi data tersebut bisa di sajikan:
Harga
jual per satuan Rp
1000,00
Biaya
variabel per satuan:
bahan
kertas Rp
300,00
upah
langsung Rp
500,00
Biaya variabel per
satuan Rp 800,00
Biaya
tetap per malam:
sewa
stand Rp
13.000,00
gaji
tetap penunggu stand Rp 5.000,00
Biaya tetap per malam Rp 18.000,00
a.
Margin kontribusi dalam rupiah
Penjualan per unit Rp 1000,00
Biaya variabel per unit (
800,00 )
Margin kontribusi per unit 200,00
*)
Ratio margin kontribusi = Margin Kontribusi X 100%
Penjualan
= Rp 200,00 X 100%
Rp 1000,00
=
20%
FORM 1
Gambar 1 Output
Perhitungan Biaya, Margin Kontribusi, dan Titik Impas dengan Visual Basic 6.0
Private Sub
Command1_Click()
Form1.Hide
Form2.Show
End Sub
Private Sub
MaskEdBox3_LostFocus()
MaskEdBox4 =
Val(MaskEdBox2) + Val(MaskEdBox3)
MaskEdBox5.SetFocus
End Sub
Private Sub
MaskEdBox6_LostFocus()
MaskEdBox7 =
Val(MaskEdBox5) + Val(MaskEdBox6)
MaskEdBox8 =
Form1.MaskEdBox1
MaskEdBox9 =
Val(MaskEdBox4)
MaskEdBox10 =
Val(MaskEdBox8) - Val(MaskEdBox9)
MaskEdBox11 =
Val(MaskEdBox10)
MaskEdBox12 =
Val(MaskEdBox8)
MaskEdBox13 =
Val(MaskEdBox11) / Val(MaskEdBox12) * 1
MaskEdBox14 =
Val(MaskEdBox7)
MaskEdBox15 =
Val(MaskEdBox10)
MaskEdBox16 =
Val(MaskEdBox14) / Val(MaskEdBox15)
MaskEdBox17 =
Val(MaskEdBox14)
MaskEdBox18 =
Val(MaskEdBox13)
MaskEdBox19 =
Val(MaskEdBox17) / Val(MaskEdBox18)
Command1.SetFocus
End Sub
FORM 2
Gambar 2 Output
Perhitungan MOS dan Tuasan Operasi dengan Visual Basic 6.0
Private Sub
Command1_Click()
Form2.Hide
Form1.Show
End Sub
Private Sub
Command2_Click()
Form2.Hide
Form3.Show
End Sub
Private Sub
Form_Activate()
MaskEdBox1 = Form1.MaskEdBox8
MaskEdBox5 = Form1.MaskEdBox9
MaskEdBox9 = Form1.MaskEdBox10
MaskEdBox2.SetFocus
End Sub
Private Sub
MaskEdBox2_LostFocus()
On Error Resume Next
MaskEdBox3 = Val(MaskEdBox1) * Val(MaskEdBox2)
MaskEdBox4 = (Val(MaskEdBox3) / Val(MaskEdBox3)) * 100
MaskEdBox6 = Val(MaskEdBox2)
MaskEdBox7 = Val(MaskEdBox5) * Val(MaskEdBox6)
MaskEdBox8 = (Val(MaskEdBox7) / Val(MaskEdBox3)) * 100
MaskEdBox10 = Val(MaskEdBox6)
MaskEdBox11 = Val(MaskEdBox9) * Val(MaskEdBox10)
MaskEdBox12 = (Val(MaskEdBox11) / Val(MaskEdBox3)) * 100
MaskEdBox13 = Form1.MaskEdBox17
MaskEdBox14 = Val(MaskEdBox11) - Val(MaskEdBox13)
MaskEdBox15 = Val(MaskEdBox13)
MaskEdBox16 = Form1.MaskEdBox18
MaskEdBox17 = Val(MaskEdBox15) / Val(MaskEdBox16)
MaskEdBox18 = Val(MaskEdBox3)
MaskEdBox19 = Val(MaskEdBox17)
MaskEdBox20 = Val(MaskEdBox18) - Val(MaskEdBox19)
MaskEdBox21 = Val(MaskEdBox20)
MaskEdBox22 = Val(MaskEdBox18)
MaskEdBox23 = Val(MaskEdBox21) / Val(MaskEdBox22)
MaskEdBox24 = Val(MaskEdBox22)
MaskEdBox25 = Val(MaskEdBox4)
MaskEdBox26 = Val(MaskEdBox7)
MaskEdBox27 = Val(MaskEdBox8)
MaskEdBox28 = Val(MaskEdBox11)
MaskEdBox29 = Val(MaskEdBox12)
MaskEdBox30 = Val(MaskEdBox13)
MaskEdBox31 = Val(MaskEdBox14)
MaskEdBox32 = Val(MaskEdBox24)
MaskEdBox33 = Val(MaskEdBox25)
MaskEdBox34.SetFocus
End Sub
Private Sub
MaskEdBox34_LostFocus()
On Error Resume Next
MaskEdBox33 = (Val(MaskEdBox32) / Val(MaskEdBox32)) * 100
MaskEdBox35 = (Val(MaskEdBox34) / Val(MaskEdBox32)) * 100
MaskEdBox36 = Val(MaskEdBox32) - Val(MaskEdBox34)
MaskEdBox37 = (Val(MaskEdBox36) / Val(MaskEdBox32)) * 100
MaskEdBox38.SetFocus
End Sub
Private Sub
MaskEdBox38_LostFocus()
On Error Resume Next
MaskEdBox39 = Val(MaskEdBox36) - Val(MaskEdBox38)
MaskEdBox40 = 10
MaskEdBox41 = Val(MaskEdBox24) + (Val(MaskEdBox24) * 10 / 100)
MaskEdBox42 = Val(MaskEdBox25)
End Sub
Private Sub
MaskEdBox43_LostFocus()
On Error Resume Next
MaskEdBox44 = Val(MaskEdBox27)
MaskEdBox45 = Val(MaskEdBox41) - Val(MaskEdBox43)
MaskEdBox46 = Val(MaskEdBox30)
MaskEdBox47 = Val(MaskEdBox45) - Val(MaskEdBox46)
MaskEdBox48 = Val(MaskEdBox41)
MaskEdBox49 = Val(MaskEdBox33)
End Sub
Private Sub
MaskEdBox50_LostFocus()
MaskEdBox51 = Val(MaskEdBox35)
MaskEdBox52 = Val(MaskEdBox48) - Val(MaskEdBox50)
MaskEdBox53 = Val(MaskEdBox37)
MaskEdBox54 = Val(MaskEdBox38)
MaskEdBox55 = Val(MaskEdBox52) - Val(MaskEdBox54)
MaskEdBox56 = Val(MaskEdBox28)
MaskEdBox57 = Val(MaskEdBox31)
MaskEdBox58 = Val(MaskEdBox56) / Val(MaskEdBox57)
MaskEdBox59 = Val(MaskEdBox36)
MaskEdBox60 = Val(MaskEdBox39)
MaskEdBox61 = Val(MaskEdBox59) / Val(MaskEdBox60)
MaskEdBox62 = Val(MaskEdBox40)
MaskEdBox63 = Val(MaskEdBox58)
MaskEdBox64 = Val(MaskEdBox62) * Val(MaskEdBox63)
MaskEdBox65 = Val(MaskEdBox62)
MaskEdBox66 = Val(MaskEdBox61)
MaskEdBox67 = Val(MaskEdBox65) * Val(MaskEdBox66)
MaskEdBox68 = Val(MaskEdBox29)
End Sub
FORM
3
Gambar 3 Output
Perhitungan Laba Sasaran dan Test Ulang dengan Visual Basic 6.0
Private
Sub Command1_Click()
End
End
Sub
Private
Sub Command2_Click()
Form3.Hide
Form2.Show
End
Sub
Private
Sub Form_Activate()
MaskEdBox1
= Form1.MaskEdBox1
MaskEdBox2
= Form1.MaskEdBox4
MaskEdBox3
= Form1.MaskEdBox7
MaskEdBox4.SetFocus
End
Sub
Private
Sub MaskEdBox4_LostFocus()
MaskEdBox5
= Val(MaskEdBox1) - Val(MaskEdBox2)
MaskEdBox6
= Val(MaskEdBox3) + Val(MaskEdBox4)
MaskEdBox7
= Val(MaskEdBox6)
MaskEdBox8
= Val(MaskEdBox5)
MaskEdBox9
= Val(MaskEdBox7) / Val(MaskEdBox8)
MaskEdBox10
= Val(MaskEdBox3)
MaskEdBox11
= Val(MaskEdBox4)
MaskEdBox12
= Val(MaskEdBox1)
MaskEdBox13
= Val(MaskEdBox2)
MaskEdBox14
= Val(MaskEdBox9)
MaskEdBox15
= Val(MaskEdBox10)
MaskEdBox16
= Val(MaskEdBox11)
MaskEdBox17
= Val(MaskEdBox12)
MaskEdBox18
= Val(MaskEdBox13)
MaskEdBox19
= Val(MaskEdBox14)
MaskEdBox20
= Val(MaskEdBox1)
MaskEdBox21
= Val(MaskEdBox19) * Val(MaskEdBox20)
MaskEdBox22
= Val(MaskEdBox19)
MaskEdBox23
= Val(MaskEdBox20)
MaskEdBox24
= Val(MaskEdBox21)
MaskEdBox25
= Val(MaskEdBox22)
MaskEdBox26
= Val(MaskEdBox18)
MaskEdBox27
= Val(MaskEdBox16)
MaskEdBox28
= Val(MaskEdBox7)
MaskEdBox29
= Val(MaskEdBox15)
MaskEdBox30
= Val(MaskEdBox27)
Command2.SetFocus
End
Sub
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan, disimpulkan bahwa Laba sasaran yang diekspektasikan oleh CV. Lestari adalah tepat setelah dilakukan test ulang perhitungan CVP.
Saran
1.
CV. Lestari sebaiknya
menetapkan kebijakan dengan segera terhadap hasil usaha perusahaan jika terjadi
perubahan-perubahan variabel yang mempengaruhi contribution margin seperti
perubahan biaya tetap, biaya variabel, volume penjualan, dan harga jual.
2.
CV. Lestari sebaiknya menjual 90 unit
mainan anak-anak per hari. Atau harus memperoleh hasil penjualan per malam sebesar Rp
90.000,00.
DAFTAR PUSTAKA
Husnan Suad, 2000,”Manajemen
Keuangan”, Gramedia , Jakarta
Carter, W. K., dan Usry.(2009). Cost
Accounting, 14thedition. South-Western Cengage Learning.
Mulyadi. (1999). Akuntansi Biaya.
Edisi Kelima. Penerbit Aditya Media. Yogyakarta.
Mulyadi. (2001). Akuntansi
Manajemen: Konsep, Manfaat, dan Rekayasa. Edisi Ketiga. Penerbit Salemba Empat.
Jakarta.
Hansen, D.R., dan M.M. Mowen.
(2005). Management Accounting, 7thedition.South-Western Cengage Learning.
Garrison, R.H., E.W. Noreen, dan
P.C. Brewer. (2008).Managerial Accounting. 12th edition. McGraw
Hill.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar